19 August 2021

another interesting topic

lagi rame akan tentang Childfree, yaitu berumah tangga tanpa anak.

karna aku salah satu followernya Gitasav di instagram, jadi kepikiran buat ngebahas juga. jadi beliau ini membuat keputusan untuk tidak punya anak sama sekali dalam pernikahannya. netijen Indonesia sudah pasti ribut, yaiyalah... wkwk banyak netijen yang menganggap pemikiran dan keputusan beliau ini liberal, ekstrim, dan menyalahi kodrat. hmmm kok sepertinya warga kita ini kurang empati kurasa. daripada ribut melabeli beliau seperti diatas kok aku lebih tertarik untuk cari tau alasan atau menurut sudut pandang dia kenapa memutuskan ChildFree. Para netijen budiman ini kok ga tanya sebab, akibat yang berpikir "kenapa sih mba yang secantik itu sampe memilih itu". Pemikiran seperti itu pasti sudah dipikirkan matang-matang ya, secara beliau lulusan Jerman yang notabene pasti pemikiran mahasiswa lebih kritis mungkin?

Tapi hal ini membuat aku kembali berpikir, nanti aku setelah nikah pastinya aku pingin ada anak. tetapi yang menjadikan pertanyaan buat aku yaitu tujuanku punya anak itu buat apa sih? apakah sekedar ikut-ikutan? atau mengikuti tuntunan agama atau hal lain? jujur disini aku masih bingung jawabannya, value dan tujuannya apa sih? pemikiran ku bisa saja berubah seiring nya waktu berjalan. tapi yang pasti kalo aku semisal gabisa punya anak aku lebih memilih adopt aja, gamampu buat bayi tabung cuy kayak Zaskia Sungkar, tetapi selalu berdoa ke Allah punya ketururan yang sholeh/sholehah dan dilapangkan rejekinya aamiin..

Out of religion kalo dilogika kan bener, beliau gasuka urusan rahimnya diperdebatkan di publik. itu udah jadi hal privasi dia untuk punya anak atau engga. seiring aku liat update an kenapa tiba bahas di publik karna banyaknya netijen yang menanyakan kapan punya anak, kapan isi dll. jujur ya aku yang belum nikah aja risih ditanya hal-hal pribadi kayak gitu. kenapa sih ga bahas dunia, achievement, dll maka dari itu aku anti banget nanyain hal-hal pribadi kayak gitu, lebih baik aku nunggu sampai si lawan bicaraku yang memulai duluan untuk uneq-uneq atau sekedar tanya pendapat, jadi tidak berujung untuk ngelakuin hobi netijen indo adalah men-judge pilihan orang tersebut. walaupun aku kadang masih nyimpang haha

Share:

0 comments:

Post a Comment